Back

INFORMASI WISATA

Kategori : Wisata Alam
Lokasi : Painan - Pesisir Selatan

Kawasan Teluk Mandeh di kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata bahari dan kegiatan atraksi wisata air.

Mandeh merupakan sebuah kawasan wisata yang sebelumnya telah masuk dalam Induk Pembangunan Pariwisata Nasional pada tahun 2004, karna keindahannya sehingga membuat nama kawasan Mandeh itu menjadi populer atau dikenal di tingkat nasional bahkan internasinal.

Kawasan Mandeh juga memiliki ke indahan terumbu karanag yg tidak kalah dengan tempat lain karena terdapat sekitar 70 hektare yg masih terawat. Selain itu terdapat hutan mangrove seluas 4 ratus hektare serta berbagai biota laut yg beraneka ragam. Kawasan Mandeh disebut karena karena salah satu kampung yg ada dikawasan itu bernama Kampung Mandeh.

Kampung itu terletak dibagian teluk Carocok Tarusan dengan teluknya yg cukup landai dan tidak berombak, sejumlah pulau kecil yg ada dikawsan itu tidak kalah indahnya dengan objek wisata lainnya ditingkat Internasional , salah satunya Pulau Cubadak.

Sejak beberapa tahun lalu, Pulau Cubadak telah dikembangkan sebagai resort wisata atau yang lebih dikenal dengan Cubadak Paradise oleh investasi asing dari Italy. Kawasan Mandeh berbatasan langsung dengan Kota Padang yang jaraknya sekitar 56 kilometer dari Ibu Provinsi Sumbar dan Luas kawasannya 18 ribu hektare.